Monday, 7 January 2013

Jui Purwoto: Dari Bisnis hingga Stand-Up Comedy

Tak banyak orang yang lebih memilih menjalankan bisnis sendiri dibandingkan bekerja dari belakang meja. Tak banyak pula orang yang berani mengambil risiko untuk menekuni dua bidang sekaligus dalam waktu bersamaan. Namun, Jui Purwoto membuktikan bahwa dia mampu melakukannya. Baik dalam bisnis mau pun stand-up comedy, Jui berhasil membuktikan bahwa ketekunan dan passion mampu membawanya menuju kesuksesan dalam dua bidang ini.

Bagi para penikmat stand-up comedy, baik secara live atau pun melalui layar kaca, pasti sudah tak asing lagi dengan sosok yang satu ini. Jui Purwoto, pria kelahiran Bogor, 14 Juni 1987, merupakan salah satu komika (sebutan untuk stand up comedian) yang sering wara-wiri di layar kaca. Namun, siapa sangka di balik sikapnya yang ‘lucu’ ini, Jui ternyata juga memiliki sisi ‘serius’. Dua tahun belakangan ini, Jui disibukkan dengan bisnisnya yang berprospek cukup menjanjikan.

Bisnis yang dijalankannya bersama salah seorang kawan semenjak 2011 ini adalah bisnis sablon kaos, yang diberi nama Kaosaku Sablon. Bisnis ini bertempat di kota kelahirannya, Bogor, dan telah memiliki 2 workshop. Permintaan yang datang pun tak pernah sepi, bahkan seringkali Kaosaku memproduksi untuk jumlah yang sangat besar.

Ketika ditanya apa alasannya membuka bisnis kaos, jawabnya, “Menjadikan hobi desain sebagai sesuatu yang lebih bernilai.” Ya, ternyata selain berkecimpung dalam dunia bisnis dan stand-up comedy, Jui juga memiliki passion dalam dunia desain.

Di antara banyaknya bisnis yang menjamur, Jui memilih bisnis sablon kaos karena menurutnya, kaos (atau sandang) merupakan kebutuhan pokok manusia. Selain itu, dengan berkembangnya teknologi screen printing (sablon), kemudahan memperoleh bahan produksi (tinta dan kain), dan berkembangnya teknologi software design kreatif menjadikannya berpeluang luas dalam menyerap segmen pasar yang cukup beragam.

Setelah berkecimpung dalam dunia bisnis dan desain, Jui yang multitalenta ini melebarkan sayapnya pada bidang lain, yaitu stand-up comedy. Semenjak awal kemunculannya, stand-up comedy memang langsung memiliki banyak penggemar. Bahkan, komunitasnya sudah tersebar di berbagai penjuru kota di Indonesia.